Penyebab Instagram Membanned Akun Anda

Bayangkan skenario berikut ini. Anda membuat akun bisnis di Instagram dan terus menerus menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk pengembangan akun instagram Anda.

Dalam sekejap, akun Instagram anda sudah tampak profesional dan luar biasa dengan konten yang menarik dan kreatif dengan followers yang semakin meningkat dan semakin populer dengan seiring waktu.

Namun kebahagiaan anda itu tidak bertahan lama, suatu hari akun Instagram anda di banned dengan alasan tertentu. Dan yang terburuk dari itu semua adalah, anda tidak tahu mengapa anda dibanned! Yang memuakkan adalah, Instagram bahkan tidak memperingatkan para penggunanya sebelum memblokir akun Instagram mereka.

Penyebab Instagram Membanned Akun Anda

Berikut ini beberapa alasan mengapa Instagram ban akun anda:

1. Terlalu banyak memfollow dan love

Ini adalah alasan yang paling banyak terjadi mengapa seseorang dibanned. Jika anda menggunakan akun baru, artinya bukan akun yang bertahun tahun usia pembuatan akunnya, anda lebih berpotensi mengalami banned. Masalah akan lebih besar jika anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk kepentingan menambah followers atau love di Instagram.

Algoritma Instagram akan mendeteksi adanya spam yang diberikan oleh sebuah akun karena aktivitasnya tidak wajar dan memungkinkan. Secara resmi, Instagram hanya membolehkan maksimum love perjam : 60; jumlah maksimum komentar per jam: 60; jumlah memfollow maksimum per jam: 60; jumlah maksimum pesan per jam: 60. Tetapi jika akun Anda baru membuka akun, batasannya berbeda: jumlah love maksimum per jam: 30; jumlah maksimum komentar per jam: 30; jumlah maksimum mengikuti / berhenti mengikuti per jam: 30.

 

2. Posting terlalu sering

Seseorang tentunya ingin selalu mengupdate akun Instagramnya, ternyata memposting akun terlalu sering menjadi masalah tersendiri bagi anda nantinya karena justru membuat anda terkena banned. Jadi buatlah jeda antara satu postingan dengan postingan lain. Dengan melakukan hal ini, anda tidak akan terdeteksi oleh algoritma Instagram sebagai melakukan spamming atau manipulasi. Selain itu janganlah mempublikasikan foto yang sama dari akun yang berbeda. Gunakanlah template yang berbeda atau memposting di waktu yang berbeda untuk akun tertentu.

 

3. Masalah hak cipta

Masalah hak cipta adalah masalah besar yang dihadapi oleh Instagram. Semua gambar yang diposting di Instagram harus milik anda sendiri atau gambar tersebut merupakan gambar orang lain namun sudah memiliki izin oleh pemosting gambar tersebut. Apabila gambar terdapat orang lain, tandailah pemosting pertama di foto tersebut untuk menghargainya. Jika musik melanggar hak cipta, Instagram juga akan menghapus postingan anda tersebut. Jika anda melanggar hak cipta, pemilik hak cipta berhak melaporkan anda karena menggunakan foto tanpa persetujuan dan tanpa menyebutkan akun pemilik foto. Akibatnya, akun anda dapat di ban oleh Instagram nantinya.

 

4. Konten melanggar aturan Instagram

Instagram memiliki aturan yang harus ditaati oleh semua pengguna Instagram dan jika dilanggar, salah satu konsekuensinya adalah akun anda akan dibanned. Aturan yang perlu diingat adalah mengenali konten apa saja yang tidak boleh diposting di Instagram. Diantaranya adalah video atau foto yang menampilkan tubuh telanjang, konten seksual, kekerasan yang tidak pantas, menyinggung sara, terorisme dan tindakan kriminal lainnya. Terlepas apa maksud anda memposting hal-hal diatas, segala hal di atas dapat menjadikan akun anda di ban. Jadi hindarilah.

Artikel dikutip dari PojokSosmed.com dengan judul yang sama.