Cara Merawat Baterai Gadget

Kebanyakan smartphone saat ini memiliki baterai yang tidak bisa dilepas. Ini merupakan konsep yang pertama kali digagas oleh iPhone dan mulai diikuti oleh seluruh vendor smartphone seperti xiaomi redmi 9c. Namun masalahnya saat ada kerusakan atau pengurangan performa gadget, orang cenderung membeli ponsel baru ketimbang memperbaikinya.

Sebagian mengeluhkan baterai gadget mereka sangat cepat habis hanya dalam beberapa tahun tau bahkan bulan. Padahal perlu diketahui, baterai lithium ion yang digunakan disemua baterai gadget saat ini merupakan teknologi baterai tercanggih yang pernah ditemukan oleh umat manusia. Meski demikian ia tidak dapat diandalkan bagi sebagian orang.

Cara Merawat Baterai Gadget

Ini kemungkinan karena mereka menggunakan gadgetnya secara tidak tepat sehingga umur penggunaan baterai menjadi sangat singkat. Untuk itu, anda harus mengetahui beberapa cara merawat baterai gadget berikut ini:

 

1. Jangan mengecas semalaman

Anda mungkin pernah mendengar bahwa teknologi baterai saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi pemutus daya otomatis saat baterai sudah full. Ini memang benar adanya, namun yang tidak dipikirkan adalah sambung dan putus daya yang terjadi dalam malam pengecasan itu yang berbahaya.

Maksudnya saat anda mengecas dan baterai sudah sampai 100%, maka daya akan memutuskan sambungan secara otomatis. Dan perlahan baterai akan berkurang meski tidak digunakan menjadi 99%, karena ada penurunan daya maka otomatis pengisi daya akan memasok listrik hingga 100%, setelah itu pengisi daya akan berhenti. Perlahan baterai berkurang menjadi 99% kembali dan daya diisi kembali sampai 100%. Seperti itu terus yang terjadi dalam malam tersebut, ini mengakibatkan baterai cepat rusak.

Jadi sebaiknya isilah daya pada siang hari dalam pantauan anda.

 

2. Hindari Panas

Panas adalah musuh terbesar baterai jika ada panas berlebih, maka baterai gadget akan kembung karena memuai. Jadi hindarilah sinar matahari langsung, jangan mengecas sambil digunakan dan berhenti menggunakan gadget saat gadget sudah panas sering seringlah membersihkan memori gadget yang tidak digunakan. Terakhir, installah aplikasi hanya yang sanggup dijalankan pada spesifikasi gadget anda agar gadget tidak terlalu panas dan cepat rusak.